Program Studi

Sarjana Terapan (D4)

Teknologi Rekayasa Manufaktur

Teknologi Rekayasa Manufaktur adalah bidang ilmu terapan yang fokus pada penerapan prinsip-prinsip teknik dan teknologi dalam merancang, mengembangkan, mengelola, serta mengoptimalkan proses produksi di berbagai sektor industri.

Bidang ini mencakup pemahaman mendalam mengenai berbagai proses manufaktur, seperti pemesinan, pengecoran, pengelasan, perakitan, otomasi industri, hingga teknologi manufaktur modern seperti CNC (Computer Numerical Control), CAD/CAM (Computer-Aided Design/Computer-Aided Manufacturing), dan manufaktur aditif (seperti 3D Printing).

Berikut ini adalah outline kurikulum untuk Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur:

Semester 1
  • Matematika Teknik I
  • Fisika & Mekanika Teknik
  • Material Teknik
  • Proses Produksi Industri Manufaktur
  • Teknologi dan Pemesinan I
  • Engineering Drawing
  • Bahasa Jepang I
  • Product Design dan Inovasi
  • Bahasa Indonesia
Semester 2
  • Mesin Penggerak
  • Bahasa Jepang II
  • Thermodinamika dan Perpindahan Panas
  • Marketing & Branding
  • Kelistrikan & Elektronika
  • Teknologi dan Pemesinan II
  • CAD-CAM I
  • Teknologi Digital I
  • Pancasila
Semester 3
  • K3
  • Komunikasi Publik I
  • Mekanika, Elastisitas & Plastisitas Bahan
  • Mata Kuliah Pilihan
    1. Teknologi Manufaktur Terintegrasi
    2. Manajemen Produksi Manufaktur Terintegrasi
  • PPIC I
  • Teknologi Multimedia
  • CAD-CAM II
  • Kontrol & Otomasi Industri
  • Project Mandiri I
Semester 4
  • Leadership & Inovasi
  • Entrepreneurship
  • Teknologi Manufaktur Cerdas
  • Mata Kuliah Pilihan
    1. Perawatan Mesin Produksi
    2. Teknologi Multimedia Lanjut I
    3. Perancangan Mould & Dies
    4. Manajemen Proyek Lanjut I
  • PPIC II
  • Teknologi Digital II
  • Komunikasi Publik II
  • Bahasa Inggris I
  • Project Mandiri II
Semester 5
  • Kewarganegaraan
  • Agama
  • Penulisan Laporan Ilmiah
  • Teknologi 3D Printing
  • Mata Kuliah Pilihan
    1. Teknologi Multimerdia Lanjut II
    2. CAE
    3. Manajemen Proyek Lanjut II
  • PPIC III
  • Manajemen Project
  • Bahasa Inggris II
  • Project Mandiri III
Semester 6
  • MBKM/Magang
  • Etika Teknologi Profesional
  • Pengalaman Industri
  • Validasi Model Industri
  • Evaluasi dan Pelaporan Magang
Semester 7
  • MBKM/Magang
  • Etika Teknologi Profesional
  • Pengalaman Industri
  • Validasi Model Industri
  • Evaluasi dan Pelaporan Magang
Semester 8
  • Tugas Akhir
Sarjana Terapan (D4)

Bisnis Digital

Bisnis digital adalah jenis usaha yang memanfaatkan teknologi digital dalam berbagai aktivitas utamanya, seperti pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan. Platform online seperti website, e-commerce, aplikasi, dan media sosial menjadi sarana utama untuk menjangkau konsumen dengan lebih luas dan efisien. Teknologi juga digunakan untuk mempermudah proses transaksi, komunikasi, serta analisis data pelanggan.

Bisnis ini berkembang pesat seiring meningkatnya penggunaan internet dan perangkat digital. Tidak hanya perusahaan besar, pelaku usaha kecil pun kini banyak yang beralih ke model digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Fleksibilitas, efisiensi biaya, serta kemampuan menjangkau pelanggan secara real-time menjadi keunggulan utama dari bisnis digital di era modern.

Berikut ini adalah outline kurikulum untuk Program Studi D4 Bisnis Digital:

Semester 1
  • Pengantar Teknologi Informasi
  • Pengantar Kewirausahaan, Bisnis, & Manajemen
  • Multimedia & Web Design
  • Agama
  • Pancasila
  • Manajemen Pemasaran
  • Algoritma & Pemrograman Dasar
  • Matematika Bisnis
  • Bahasa Inggris 1
Semester 2
  • Technopreneurship
  • E-Commerce
  • Kewarganegaraan
  • Perilaku Konsumen
  • Pemasaran Digital 1
  • Statistika Bisnis
  • Bahasa Indonesia
  • Design Thinking
  • Bahasa Jepang 1
  • Akuntansi Keuangan
Semester 3
  • Pengembangan Produk dan Bisnis Digital 1
  • Analisis dan Desain Sistem Informasi
  • User Experience Research and Development
  • Pemasaran Digital 2
  • Riset Pasar & Studi Kelayakan Bisnis
  • Presentasi & Komunikasi Bisnis
  • Bahasa Inggris 2
  • Studium Generale 1
  • Projek Mandiri 1
Semester 4
  • Pengembangan Produk dan Bisnis Digital 2
  • Pengembangan Website dengan Database 1
  • Branding
  • Manajemen Proyek Digital
  • Manajemen Penjualan dan Iklan Media Sosial
  • Manajemen Operasi & Rantai Pasok
  • Manajemen Strategik
  • Bahasa Jepang 2
  • Proyek Mandiri 2
Semester 5
  • SEO
  • Bisnis & Pemasaran Internasional
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen SDM
  • Animasi & Motion Graphic
  • Sains Data 1
  • Akuntansi Manajerial
  • Manajemen Risiko
  • Proyek Mandiri 3
Semester 6
  • Business Development
  • Transformasi Digital
  • Valuasi Bisnis & Analisis Laporan Keuangan
  • Kepemimpinan dan Inovasi
  • Etika dan Hukum Bisnis
  • Metode Penelitian dan Penulisan Laporan Ilmiah
  • Mata Kuliah Pilihan
    1. Sociopreneurship & Ekonomi Kreatif
    2. Pengembangan Website dengan Database II
    3. Akuntansi Biaya
    4. Sains Data 2
  • Studium Generale 2
  • Proyek Mandiri 4
Semester 7
  • MBKM
  • Etika Bisnis Profesional
  • Pengalaman Industri
  • Validasi Model Industri
  • Evaluasi dan Pelaporan Magang
Semester 8
  • Tugas Akhir
Sarjana Terapan (D4)

Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) adalah program vokasional yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak secara profesional, mulai dari perencanaan, perancangan, pengujian, hingga implementasi dan pemeliharaan sistem aplikasi.

Program ini menyiapkan lulusan yang siap kerja dengan kompetensi tinggi di bidang software engineering, mobile, dan web development, serta pemrograman berbasis industri.

Berikut ini adalah outline kurikulum untuk Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak:

Semester 1
  • Pengantar Teknologi Informasi
  • Matematika Diskrit
  • Pancasila
  • Dasar Pemrograman
  • Design Thinking
  • Arsitektur dan Organisasi Komputer
  • Bahasa Jepang 1
  • Bahasa Inggris 1
  • Basis Data 1
Semester 2
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Jepang 2
  • Sistem Operasi
  • Presentasi dan Komunikasi
  • Pemrograman Web
  • Perancangan Antarmuka Pengguna
  • Algoritma dan Struktur Data
  • Bisnis Internasional
  • Basis Data 2
Semester 3
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Jaringan Komputer
  • Bisnis Teknologi Informasi
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Embedded System
  • Statistika
  • Pemrograman Web Lanjut
  • Kewarganegaraan
  • Projek Mandiri 1
Semester 4
  • Pengujian Perangkat Lunak
  • Big Data dan Data Analisis
  • Entrepreneurship
  • Studium Generale
  • Mata kuliah Pilihan
    1. Embedded System Lanjut
    2. Pemrograman Game
    3. Teknologi Digital, Sosial Media, dan Media Baru
  • Pemrograman Aplikasi Mobile
  • Agama
  • Keamanan Perangkat Lunak
  • Proyek Mandiri 2
Semester 5
  • Enterprise Resource Planning (ERP)
  • Manajemen Proyek
  • Metodologi Penelitian dan Penulisan Laporan Ilmiah
  • Kecerdasan Buatan
  • Pengembangan Aplikasi Terdistribusi
  • Bahasa Inggris 2
  • Mata Kuliah Pilihan
    1. Sistem Internet of Things (IoT)
    2. Pengembangan Produk dan Bisnis Digital
    3. Pemrograman Mobile Lanjut
  • Leadership dan Inovasi
  • Proyek Mandiri 3
Semester 6
  • MBKM/Magang
  • Etika Teknologi Profesional
  • Pengalaman Industri
  • Validasi Model Industri
  • Evaluasi dan Pelaporan Magang
Semester 7
  • MBKM/Magang
  • Etika Teknologi Profesional
  • Pengalaman Industri
  • Validasi Model Industri
  • Evaluasi dan Pelaporan Magang
Semester 8
  • Tugas Akhir
WhatsApp